Posted by : Sigit Surya Jun 2, 2012

Eiichiro Oda adalah seorang mangaka yang terlahir tepat pada tanggal 1 Januari, tahun 1975 di Kumamoto, Jepang. Dan tentu saja, karya terbesar yang pernah diciptakannya adalah One Piece. Manga yang hingga saat ini masih terbit mingguan di Weekly Shonen Jump.

Ketika masih kecil, Eiichiro terinspirasi oleh Akira Toriyama, mangaka Dragon Ball untuk menjadi seorang mangaka. Dan kenapa memilih tema bajak laut, Eiichiro-sensei terinspirasi oleh sebuah acara TV saat ia masih kanak-kanak, yaitu serial Bajak Laut berjudul Vicky the Viking.




Ketika masih muda, suami dari Chiaki Inaba ini sempat mengirim sebuah karakter untuk manga Gulat klasik berjudul Kinnikuman, yaitu Pandaman. Dan hingga sekarang, karakter Pandaman tak hanya ada di Kinnikuman, melainkan juga ia buat di komik karyanya, One Piece.

Di Usianya yang ketujuh belas tahun, ia memberanikan diri untuk mengirim manga hasil karyanya yang berjudul Wanted! ke Perusahaan Penerbit. Dan ternyata, respon yang didapatnya sangatlah baik.
Manganya ini mendapat berbagai penghargaan, termasuk menjadi juara dua untuk penghargaan Tezuka.
Dan akhirnya, prestasinya ini membawanya pada pekerjaan sebagai mangaka Weekly Shonen Jump.
Namun, saat itu Eiichiro-sensei belum menjadi mangaka seutuhnya. Karena ketika itu, ia hanya menjadi seorang asisten .

Pada awalnya, bapak dua orang anak ini menjadi asisten dari Mangaka Suizan Police Gang, Shinobu Kaitani. Dan kemudian, ia pindah menjadi asisten Mangaka Jungle King Tar-Chan, Masaya Tokuhiro yang mempengaruhi banyak gaya menggambarnya. Setelah itu, bersama dengan Hirooyuki Takei, Eiichiro-sensei menjadi asisten dari mangaka terkenal, Nobuhiro Watsuki, yaitu pencipta Samurai X. Ia juga sempat membuat karakter untuk manga tersebut, yaitu karakter Honjou Kamatari. Dan akhirnya, beliaupun meraih Hop Step Award dan menjadi seorang mangaka yang berdiri sendiri.

Karyanya saat itu adalah sebuah Oneshoot berjudul Romance Down. karya yang terbit tahun 1996 dengan Monkey D Luffy sebagai tokoh utamanya. Bisa dibilang, Oneshoot ini merupakan pilot project dari One Piece.

Kemudian di tahun 1997, akhirnya One Piece benar-benar terlahir. One Piece terbit di Weekly Shonen Jump dan segera menjadi salah satu manga terpopuler di Jepang.

Ketika diwawancarai oleh pihak Shonen Jump mengenai tiga manga yang paling disukainya, Eiichiro hanya menjawab semua yang dibuat oleh Akira Toriyama. Tampaknya, Eiichiro-sensei sangat menggemari pencipta Dragon Ball itu. Dan bahkan, mereka berdua sempat bekerja sama dengan membuat sebuah manga gabungan antara Dragon Ball dan One Piece yang berjudul Cross Epoch.

----- Hasil Kerja -----

- One Piece (Tahun 1997 - Sekarang)
- Wanted! (Oneshoot, 1992)
- God's Present for the Future (Oneshoot, 1993)
- Ikki Yakou (Oneshoot, 1993)
- Monster (Oneshoot, 1994)
- Romance Dawn (Oneshoot, 1996)
- Cross Epoch (2007)
- One Piece x Toriko (2011)

Sumber : http://www.beelzeta.com/2011/12/info-mangaka-eiichiro-oda.html#ixzz1wdUvTF4n

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar Anda, Gunakan Bahasa yang Sopan

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 TzuryaMurai - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Template by Johanes Djogan -